Senin, 06 Februari 2017

Mengenal Energi Alternatif di Indonesia Lebih Dekat

Mengenal Energi Alternatif di Indonesia Lebih Dekat

Dari data yang telah dipantau hingga saat ini, pengembangan sumber energi yang bisa diperbaharui sedang gencar dilakukan. Energi yang dapat diperbaharui tersebutlah yang nantinya akan menjadi energi alternatif di Indonesia. Tujuan pengembangan energi di Indonesia agar dapat mengantisipasi kelangkaan sumber energi di masa depan.
Namun fakta yang terjadi, energi yang dapat diperbaharui masih menjadi pilihan nomor dua sedangkan energi yang tidak dapat diperbaharui menjadi pilihan pertama. Hal ini sebenarnya wajar saja, karena penggunaan sumber energi yang tidak bisa diperbaharui memang banyak fungsinya. Namun apabila dilanjutkan yang terjadi adalah negara Indonesia akan kehabisan sumber energi, oleh karena itu harus ada terobosan terbaru untuk mengatasi permasalahan di atas.

Sumber Energi Alternatif di Indonesiamengenal-energi-alternatif-di-indonesia-lebih-dekat


Guna mengatasi permasalahan energi tersebut, perlu ada langkah yang diupayakan oleh pemerintah agar hal tersebut tidak terjadi secara terus menerus. Langkah yang bisa diupayakan oleh pemerintah adalah dengan mengubah pandangan masyarakat untuk lebih memanfaatkan energi serta dapat mengelola energi tersebut.
Apa sih pengertian energi alternatif di Indonesia? Energi alternatif adalah sebuah kata yang merujuk pada semua energi, namun yang dapat digunakan untuk menggantikan sumber energi yang tidak bisa diperbaharui. Sedangkan kata alternatif merujuk pada sebuah teknologi alternatif yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi serta mengatasi masalah dan tidak membuat masalah.
Banyak macam sumber energi yang disediakan oleh alam untuk bangsa Indonesia. Energi juga merupakan elemen terpenting yang selalu menyertai keberlangsungan hidup insan di bumi. Misalnya saja sumber daya energi yang utama di Indonesia berasal dari fosil seperti batu bara, minyak bumi, gas. Sebagian besar sumber energi tersebut sudah memiliki jumlah yang terbatas, jika tidak dilakukan alternatif lain, mungkin akan habis dan kita akan kesulitan untuk mendapatkannya. Dengan demikian bangsa ini membutuhkan energi alternatif di Indonesia.
Beberapa potensi yang di miliki Indonesia yang dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif, diantaranya:
– Energi Biomassa
Biomassa merupakan bahan alami yang dihasilkan dari proses fotosintesis yang sudah jadi maupun dalam bentuk buangan. Contoh biomassa adalah tanaman, rumput, ubi, limbah pertanian, limbah hutan, kotoran ternak serta pepohonan. Fungsi biomassa lainnya, dapat digunakan untuk bahan pangan seperti pakan hewan ternak, bahan bangunan, minyak nabati dan lainnya. Keunggulan biomassa sendiri adalah merupakan sumber energi yang dapat diperbaharui dan dapat menyediakan energi yang terus berkesinambungan.
– Tenaga Matahari
Tenaga tata surya atau matahari dapat digunakan menjadi sumber pembangkit daya atau pembangkit listrik. Pembangkit listrik tenaga surya merupakan tenaga pembangkit listrik yang memanfaatkan matahari dan dijadikan sebagai energi listrik.
– Gas Alam
Gas alam dijadikan sebagai sumber energi alternatif di Indonesia untuk keperluan perumahan maupun perusahaan. Penggunaan gas alam sangat menguntungkan karena hias yang dihasilkan ramah lingkungan tidak berbau, tidak berwarna, tidak beracun dan aman digunakan.
– Panas bumi
Panas bumi merupakan sumber energi yang ekonomis, ramah lingkungan serta dapat diAndalkan. Pemanas bumi merupakan energi yang dapat diperbaharui, penggunaan panas bumi sebenarnya sudah dilakukan sejak zaman Romawi kuno. Di Indonesia panas bumi digunakan untuk pemanas ruangan dan untuk kebutuhan mandi.
Gunakanlah energi yang dapat diperbaharui agar keberlangsungan energi dapat terus terjaga. Manfaatkanlah energi alternatif di Indonesia degan bijak dan utamakan ramah lingkungan. Dengan demikian para penerus bangsa dapat lebih memanfaatkan energi yang dapat diperbaharui ini, dibandingkan energi yang tidak dapat diperbaharui.

sumber http://benergi.com/mengenal-energi-alternatif-di-indonesia-lebih-dekat

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.